Operasi Vagina : Vaginoplasty, Labiaplasty & Hymenoplasty

Operasi vagina  untuk memperbaiki dan meremajakan kondisi vagina / organ intim wanita dapat dilakukan melalalui vaginoplasty, hymenoplasty dan labiaplasty.

Perkiraan biaya vaginoplasty, labiaplasty dan hymenoplasty adalah sekitar 10.000.000-12.000.000 jutaan per tindakan.   Daftar biaya operasi selengkapnya.

Vaginoplasty

Adalah tindakan kosmetik dan rekonstruksi yang bertujuan untuk mengencangkan otot vagina yang kendur dan merenggang yang dapat disebabkan karena:

-Proses penuaan / Aging
-Melahirkan secara normal / vaginal childbirth
-Kondisi vagina yang tidak normal sejak kelahiran
-Penyakit
-Trauma

Hymenoplasty

Operasi rekonstruksi untuk mengembalikan kondisi membran hymen / selaput dara yang telah robek karena hubungan sexual  ataupun trauma / kecelakaan. Tindakan ini cukup kontroversi namun karena satu dan lain hal tindakan tapat dikerjakan, untuk meningkatkan percaya diri dan keharmonisan dalam kehidupan sexual suami istri.

Hasil operasi adalah permanen, selama pasien tidak melakukan hubungan sexual atau hal-hal yang menyebabkan robeknya selaput dara.

Labiaplasty

Adalah tindakan pada bibir vagina di area labia mayora (bibir vagina bagian luar) ataupun labia minora (bibir vagina bagian dalam). Kondisi labia yang terlalu berlebih, lebar dan bergelambir , ukuran tidak simetris , yang sangat mengganggu dalam hubungan sexual pernikahan dan kadang menyebabkan nyeri dan sakit.

Beberapa hal yang menyembabkan labia minora bertumbuh melebihi ukuran labia mayora secara berlebih (hipertrofi labia): Keturunan (genetika), rangsangan yang terlalu berlebih, hormonal dan penuaan.

Operasi Labiaplasty bertujuan untuk memperbaiki dan mempercantik kondisi labia sehingga lebih kecil, pendek, natural, simetris dan menarik sehingga wanita dapat merasa lebih nyaman dan meningkatkan keharmonisan dalam kehidupan sexual.

Labiaplasty dapat kerjakan sebagai tindakan tunggal atau dikombinasikan dengan vaginoplasty atau hymenoplasty  , untuk meremajakan dan memperbaiki kondisi vagina untuk meningkatkan percaya diri, kenyamanan dan keharmonisan dalam hubungan sexual.

Tindakan operasi vagina di atas, memerlukan kurang lebih 30 menit – 1 jam per tindakan dengan bius lokal. Pasien harus dalam keadaan sehat dan tidak haid atau minimal 3 hari paska haid selesai. Pasien dapat langsung pulang paska operasi, dan kembali kontrol pada saat yang dokter anjurkan.

Paska operasi, akan ada pembengkakan, sedikit sisa-sisa darah, nyeri dan pengurangan sensitivitas pada area organ intim. Kondisi ini akan perlahan-lahan membaik dan kembali pada kondisi normal. Dianjurkan untuk menghindari hubungan sexual selama 1 bulan  selama masa penyembuhan.