Operasi Hidung – Rhinoplasty

Operasi hidung  (rhinoplasty / nose augmentation ) adalah salah satu tindakan operasi kosmetik dan rekonstruksi yang cukup populer dikalangan pria dan wanita. Tindakan ini membutuhkan pengalaman yang cukup dan segi artistik dari dokter yang mengerjakannya. Tindakan ini bertujuan untuk memperbaiki dan memperindah bentuk dan penampilan hidung menjadi lebih proposional, natural dan selaras dengan bentuk wajah seseorang; sehingga meningkatkan percaya diri seseorang. Tindakan rhinoplasty ini bertujuan untuk memancungkan hidung dengan meninggikan batang hidung yang pesek , memperbaiki bentuk hidung yang kurang proposional, merampingkan bentuk hidung dan cuping hidung (alarplasty).

Rhinoplasty sebaiknya dilakukan pada pasien yang berusia 17 tahun atau lebih, dimana pertumbuhan hidung telah mencapai kondisi paling maximal. Rhinoplasty dapat meliputi pemancungan dan pengecilan bentuk hidung ( augmentation dan reduction), memperbaiki bentuk ujung hidung (nose tip), perbaikan cuping / sayap hidung (alarplasty).

Dalam tindakan operasi memancungkan hidung, dapat dilakukan dengan opsi penggunaan implant (silikon padat) atau tulang rawan (cartilage). Tulang rawan dapat berasal dari tulang rawan telinga, tulang rawan hidung dan tulang rawan pada iga pasien. Diskusikan dengan dokter mengenai kelebihan dan kekurangan masing2 pilihan.

Harga rhinoplasty / operasi memancungkan hidung adalah sekitar 14-15.000.000 untuk hidung yang original. Untuk merevisi kondisi hidung yang sudah pernah operasi / filler / suntik silikon cair sebelumnya , biaya akan disesuaikan dengan kondisi, atau sekitar 17.000.000-18.000.000. Daftar biaya operasi hidung selengkapnya.

 

Operasi hidung rhinoplasty

Tehnik dalam pengerjaan rhinoplasty, dapat dilakukan dengan Open rhinoplasty dan Closed rhinoplasty. Pada open rhinoplasty, dokter akan membuat sayatan pada bagian luar hidung untuk memasang implant atau tulang rawan. Sedangkan pada closed rhinoplaty, dokter akan membuat sayatan didalam hidung.

 

operasi hidung

Calon pasien untuk tindakan operasi hidung :

– Pasien yang memiliki bentuk tulang hidung yang terlalu besar / lebar atau terlalu pesek / pendek , dan tidak proposional dengan bentuk wajah
– Pasien dengan bentuk tulang hidung yang tidak normal, bergelombang ( hump nose)
– Pasien dengan bentuk ujung hidung / nose tip yang besar, lebar dan bulat (bulbous nose)
– Cuping hidung yang lebar dan tebal (alarplasty)
– Pasien dengan bentuk hidung yang tidak simetris dan tidak indah yang dikarenakan oleh trauma / kecelakaan, bawaan dari lahir ataupun tindakan pada hidung sebelumnya (revisi)
– Pasien yang memiliki masalah pernafasan karena bentuk struktur hidung yang tidak normal

Mengenai tindakan rhinoplasty:

– Hasil operasi bersifat permanen.
– Bius lokal
– Lama pengerjaan sekitar 2-2.5 jam an (tergantung tindakan yang diperlukan)
– Mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter
– Tidak tidur miring selama 1 minggu.
– Angkat jahitan 5-7 hari paska operasi
– Masa penyembuhan jahitan dan bengkak sekitar 3-4 mingguan, dan kembali pada kondisi normal (total recovery) setelah minimal 3 bulan. (Tingkat bengkak dan masa penyembuhan pada setiap pasien berbeda2.)